• Berbisnis dengan Memanfaatkan Internet

    Saat ini internet telah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia. Banyak kegunaan dari internet bagi manusia misalkan untuk berkomunikasi (penggunaan sosial media), untuk mendapatkan informasi berita, berbagai macam tutorial, berbagai macam ilmu pengetahuan, suatu tempat untuk berbelanja, bahkan internet merupakan lahan bisnis (menghasilkan uang). Segala sesuatu yang dibutuhkan oleh manusia di internet, merupakan suatu peluang bisnis bagi manusia lain yang memilikinya dan siap untuk berbagi. semisal berbagi informasi-informasi dapat dilakukan dengan menggunakan blog, bisnis jual beli secara online (toko online) sangat menguntungkan bagi berbagai penjual maupun pembeli, selain itu pekerjaan seorang programer, designer web, logo dan lain sebagainya, dapat dilakukan tanpa keluar dari rumah dengan menggunakan website yang berfungsi untuk menghubungkan antara pekerjaan dan konsumen.


    Ada banyak cara memanfaatkan internet untuk berbisnis, pada artikel ini mungkin hanya 2% cara untuk menghasilkan uang dengan memanfaatkan internet. Berikut ini adalah cara untuk menghasilkan uang secara dengan memanfaatkan internet :

    1. Bloging

    Terdapat berbagai macam blog yang dapat kita jumpai ketika kita melakukan serching, Berikut ini adalah macam-macam blog yang sering kita temukan ketika kita melakukan serching berdasarkan isinya dan dapat menghasilkan uang :
    • Blog Personal (blog Pribadi), mayoritas blog pribadi isinya bermacam-macam informasi, sehingga tidak memiliki tema tersediri
    • Blog download, seperti blog yang menyediakan movie, subtitle, lagu dan software dan lain-lain
    • Blog Tutorial, blog penyedia tutorial yang berkualitas adalah blog yang memiliki tema tersendiri
    • Blog Toko Online
    Blog yang bagus adalah blog yang memiliki tema tertentu untuk dibahas sebagai isinya, dengan begitu pengunjung akan mudah mencari informasi yang ada didalam blog tersebut. Dari berbagai macam blog diatas tentu saja memiliki cara untuk monetize yang berbeda-beda, berikut ini penjelasan beberapa cara untuk memonetize Blog :


    A. Google Adsense

    Adsense merupakan suatu media yang bergerak dalam bidang periklanan yang diberdayakan oleh google. Iklan yang berasal dari google adsense biasanya berbentuk banner dan pemilik blog akan mendapatkan bayaran apabila visitor melakukan klik pada iklan tersebut. Suatu blog apa bila sudah berusia tertentu biasanya 6 bulan akan diberi suatu tawaran oleh google untuk monetize blognya dengan menggunakan google adsense. Tapi jika suatu blog menggunakan suatu domain dapat melakukan pendaftaran secara manual dalam waktu yang relatif singkat. Mendaftar google adsense di sini.
    Untuk mendaftarkan suatu blog di google adsense minimal memiliki 16 artikel. Jangan sekali-kali melakukan kecurangan, pengalaman teman saya dia mempunyai 3 artikel, dan berusaha keras untuk mendaftar ke google adsense dengan melakukan kecurangan hasilnya akunnya diblokir. Untuk mendaftar adsese yang diutamakan adalah blog yang artikelnya tidak copy paste dari blog lain. Blog yang dapat diuangkan dengan menggunakan google adsense yaitu blog yang berisi informasi-informasi misal berita, tutorial, ilmu pengetahuan berikut ini langkah langkah pemasangan iklan pada google adsense :
    • Memilih iklan yang ingin dipasang pada blog anda. Opsi lainnya berarti lebih banyak kesempatan untuk pendapatan. Pilih jenis iklan yang tepat dan format untuk situs Anda. jenis iklan termasuk teks, tampilan, atau campuran keduanya.
    • Memilih dibagian mana anda ingin memasang iklan di blog. Copy dan paste kode di situs Anda di mana Anda ingin menampilkan iklan.
    • Menonton iklan membayar tertinggi ditayangkan. Pengiklan tawaran untuk ruang iklan Anda dalam lelang real-time.
    Google adsense yang akan mengelola penghasilan. Google adense akan menangani proses penagihan pengiklan dan jaringan. Saat iklan dilihat atau diklik, Anda akan secara otomatis mendapatkan uang. Anda akan dibayar setelah apabila jumlah penghasilan telah mencapai jumlah minimal tertentu.

    B. Pop UP

    Mendaftar google adsense itu sangat mudah yang sulit adalah persetujuan dari google. Tapi ada solusi lain untuk menguangkan blog-blog yang berisi informasi-informasi misal berita, tutorial, ilmu pengetahuan selain menggunakan adsense, yaitu dengan mengguanakan pop up. penghasilan dari pop up tidak seberapa dibandingkan dengan google adsense, pop up lebih baik daripada blog anda tidak menghasilkan uang sama sekali. Berikut ini adalah beberapa website yang memberikan penghasilan dengan mengguanakan pop up :

    1. Popcash.net

    Klik link berikut untuk mendaftar popcash : disini

    2. adf.ly

    klik banner untuk mendaftar :
    popup memiliki dampak negatif pada blog yaitu menurunnya traffic pada suatu blog karena pemasangan javascript menyebabkan munculnya halaman baru berupa iklan apabila seorang pengunjung melakukan first clik pada halaman blog, hal serupa sangat mengganggu seorang visitor, sehingga visitor tersebut tidak berkunjung lagi blog yang menggunakan pop up tersebut.

    D. Short URL

    Short URL yang biasanya digunakan untuk menguangkan blog download. Ada cukup banyak website yang bergerak dibidang periklanan yang memanfaatkan short URL, salah satunya adf.ly.  Suatu blog download pasti memiliki banyak direct url yang isinya berupa file atau informasi yang akan dishare. Sebelum membagikan informasi atau file tersebut pada publik maka direct urlnya di singkat terlebih dahulu dengan melalui website tertentu, setelah url menjadi lebih singkat selajutnya share link yang lebih singkat ke sosial media atau dimanapun komunitas online yang membutuhkan informasi atau data tersebut.
    Ketika link singkat tersebut di klik oleh seorang visitor maka sebelum menuju ke direct akan dialihkan untuk melihat iklan selama 5 detik, apa bila seorang visitor tersebut menunggu dan melakukan klik skip ad maka anda akan mendapatkan bayaran. bayaran yang dihasilkan daru short url bermacam-macam bergantung dengan wilayah negara visitor tersebut. Penghasilan tiap klik cukup kecil, namun hingga saat ini sudah banyak uploader file yang memanfaatkan short url yang dapat mengimbangi penghasilan blogger yang menggunakan google adsense.

    E. Toko Online

    Berhasil diterima google adsense saja sudah cukup luar biasa jika ditambah dengan penghasilan dari penjualan anda pasti sangat luar biasa. Hal serupa dapat terwujud dengan membuat toko online. Menampilkan suatu barang yang akan anda jual di suatu blog atau website, itu adalah salah satu cara untuk memasarkan produk menuju pasar yang cukup luas, tidak hanya nasional bahkan mencapai internasional. jika blog tersebut mendapatkan banyak visitor dan trafficnya cukup tinggi maka dapat juga didaftarkan di google adsense. Jika tidak punya modal untuk membuat toko sendiri, maka dapat membuatkan toko online sebuah toko yang memiliki kelas konsumen yang cukup stabil. dengan begitu akan mengurangi modal pembuatan toko online. Modal utama untuk membuat blog untuk toko online hanyalah kerja sama dengan sebuah toko dan domain yang berbayar, karena apabila menggunakan domain gratisan visitor akan sedikit ragu memesan barang pada blog tersebut.



    2. Bekerja Secara Online

    Dengan akses internet seorang ahli IT dapat bekerja tanpa harus keluar rumah, meskipun konsumennya berasal dari berbeda negara. Terdapat website yang dapat menghubungkan antara pelanggan dengan seorang yang memiliki skill dalam bidang IT, bila berminat silahkan sign up melalui link berikut : freelancer

    Di freelancer seseorang dapat dapat menjadi pemberi pekerjaan atau seorang pekerja. Penghasilan seorang pekerja dapat bernilai tetap atau dihitung tiap jam kerjanya dengan kesepakatan yang telah disetujui di awal. Biasanya suatu pekerjaan yang ditawarkan memiliki batas waktu yang telah ditentukan oleh manusia yang menawarkan pekerjaan, pekerja yang bekerja di freelancer cukup banyak oleh sebab itu jika menjumpai suatu pekerjaan yang menarik silahkan langsung ambil dan selesaikan dan dapatkan penghasilan dari itu. Project yang dikerjakan tidak boleh hanya setengah-setengah ada kemungkinan dari hasil project yang setengah jadi tidak akan dibayar.
    Berikut ini adalah berbagai macam jenis pekerjaan yang dapat anda temui di freelancer :


    Sekian artikel yang saya buat, jika ada kesalahan mohon maaf, dan bila yang tidak paham silahkan beri komentar atau langsung kirim e-mail melalui Contact US.

    source / referensi : Google Adsense, Blogger, freelancer, adf.ly, popcash.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar