• Membuat Toko Online dengan Blog

    Toko Online merupakan suatu media yang digunakan oleh seorang penjual sebagai sebuah toko yang bersifat virtual, yang berfungsi sebagai alat untuk mempromosikan barang dagangannya menuju pasar internasional. Seorang penjual yang menggunakan tidak harus mengeluarkan modal besar dengan membeli barang yang akan dijualnya (maksudnya hanya sebagai penghubung antara toko yang telah menetap dengan pelengan). 
    Blog tidak hanya dapat diuangkan mengunakan adsense, ada suatu cara menggunakan blog dengan mencari penghasilan sendiri yaitu dengan membuat toko online. dengan memiliki toko online seorang penjual tidak perlu menyewa kios, hanya saja apabila berniat menggunakan sebuah domain seorang penjual hanya perlu membeli dengan harga kurang lebih $14. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat toko online yang dengan mengunakan blog :
    1. Pertama membuat blog baru.
    2. Memilih nama dan domai gratis dari blogspot toko online.
    3. Selanjutnya memasang template mengedit hingga tampilan blog terlihat cocok dan terlihat enak dipandang untuk toko online tersebut.
    4. Memasang beberapa peraturan untuk para pembeli atau pengunjung toko online, semisal yaitu tata cara pembelian, metode pambayaran, tidak becommentar berulang-ulang dan tidak penting (spaming), dan lain sebagianya.
    5. Sebelum membuat sebuah post mengenai barang yang akan dipasarkan seorang pemilik toko online perlu mempersiapkan gambar barang yang akan di postkan.
    6. Setelah gambar sudah siap, maka langkah selanjutnya adalah membuat post barang yang akan dipasarkan, didalam post tersebut harus berisi tentang : 

      1. Nama barang yang akan jual, sebagai Judul.
      2. Isi paling atas tampilkan gambar barang yang akan dijual.
      3. Selanjutnya mendeskripsikan spesifikasi barang, termasuk kelebihan, kekurangan sertakan pula harga barang.
      4. Berikan tombol yang terhubung langsung dengan kontak (dapat berupa e-mail, atau pun media komunikasi lainnya), hal serupa akan memudahkan seorang pelanggan untuk memesan barang.
      5. Isi kolom label dengan menggunakan jenis barang (misal : alat elektronik, alat memasak, dan lain-lain) sehingga akan memudahkan seorang  pembeli untuk mencari barang berdasarkan jenis-jenisnya.
      6. Terakhir dalam membuat post yaitu publikasi.

    7. setelah melakukan publikasi selanjutnya tinggal melakukan promosi blog, jika ingin mempromosikan blog dengan gratis maka seorang pemilik toko online hanya perlu melakukan share pada barang-barang yang dijual melalui media sosial.
    Salah satu hal yang penting dalam membuat  toko online yaitu metode pembayaran. Pembayar barang oleh seorang konsumen dapat melalui PayPal, atau bekerja sama dengan bank-bank yang terpercaya di Indonesia, misal Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, dan lain sebagianya.

    Tidak hanya menggunakan blogger toko online juga dapat dibuat dengan mengunakan wordpress, atau dengan menggunakan hosting yang berbayar.

    source / referensi : bukablog.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar